Sylke Febrina Laucereno – Kamis, 10 Maret 2022, 10:34 WIB
Finance.detik.com, Jakarta – Pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini turut menekan sektor otomotif di Indonesia. Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada 2021 penjualan mobil di Indonesia mengalami kenaikan 66,7% dibandingkan periode tahun sebelumnya.
Lifepal.co.id sebagai salah satu marketplace asuransi menyampaikan jika pertumbuhan ini diprediksi akan mempengaruhi premi industri asuransi umum.
Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mencatat pada kuartal III tahun lalu premi dari bisnis kendaraan bermotor tercatat Rp 11,17 triliun atau tumbuh 1,5%.
Lini bisnis kendaraan bermotor memang masih menjadi kontributor terbesar kedua setelah lini bisnis asuransi properti yaitu 20.3% terhadap total premi.
Apalagi saat ini permintaan masyarakat tercatat mengalami peningkatan dan perusahaan asuransi harus memperkuat lini produk agar terus relevan dengan kebutuhan pasar, salah satunya melalui aksesibilitas dari bengkel rekanan.
Co-Founder Lifepal.co.id Benny Fajarai mengungkapkan jika riset Lifepal terkait jumlah bengkel rekanan bertujuan sebagai salah satu referensi bagi masyarakat dalam mendapatkan proteksi perlindungan terbaik untuk kendaraan mereka.
“Visi dan misi perusahaan adalah memberikan transparansi dan kemudahan bagi masyarakat dalam membandingkan, memilih dan mendapatkan asuransi yang sesuai kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu hasil penelitian ini tidak serta merta menjadi patokan dalam menentukan asuransi yang terbaik, di mana masih banyak elemen lain yang menjadi pertimbangan seperti mulai dari pilihan proteksi, harga dan lain-lain,” jelas Benny.
Benny juga menambahkan bahwa hasil penelitian14 dari 15 perusahaan asuransi kendaraan dengan rekanan bengkel terbanyak adalah jaringan dari kemitraan Lifepal.co.id menjadi bukti konkrit yang menjadikan Lifepal.co.id sebagai insurtech terdepan di tanah air.
“Kami tentunya senang hasil penelitian internal menunjukkan komitmen teguh perusahaan dalam menggandeng mitra-mitra terbaik. Ke depannya kami akan terus mempertahankan nilai dan budaya dari Lifepal.co.id dalam menghadirkan pilihan yang terbaik kepada masyarakat, serta menghadirkan inovasi agar relevan dalam memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat secara luas,” tambah Benny.
Lifepal.co.id mencatat PT Asuransi Jasa Indonesia menempati posisi pertama untuk rekanan terbanyak yaitu 626 bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Posisi kedua hingga kelima secara berturut-turut diikuti oleh PT Asuransi Multi Artha Guna (610 bengkel rekanan), PT Asuransi Sinar Mas (581 bengkel rekanan), PT Asuransi Bina Dana Arta (534 bengkel rekanan) dan PT Asuransi Umum Mega (497 bengkel rekanan).